Loading

Pemkab Agam Bagikan Beasiswa untuk Mahasiswa kurang Mampu

padangmedia.com , Selasa, 30 Juli 2013 03:09 wib

AGAM-Bupati Agam menyerahkan bantuan beasiswa untuk masuk perguruan tinggi negeri tahap I tahun 2013, sebanyak 168 orang di Mesjid Agung Nurul Falah Lubuk Basung, Senin (29/7).

Bupati dalam sambutan mengatakan, untuk menyelenggarakan pendidikan yang bermutu diperlukan biaya yang cukup besar. Karena itu bagi setiap peserta didik terutama yang memilik potensi akademik perlu diberikan bantuan beasiswa untuk calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu.

Bantuan ini diberikan sebagai penghargaan Pemerintah Kabupaten Agam kepada prestasi yang diraih oleh calon mahasiswa yang lulus ke perguruan negeri.

Bupati berharap semoga bantuan ini bisa bermanfaat bagi yang menerima dan manfaatkanlah sebaik-baiknya, sehingga bantuan ini bisa tepat sasaran dan bisa dianggarkan selalu pada masa yang akan datang.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Agam, Fauzir, mengatakan, bantuan ini sesuai dengan Keputusan Bupati Agam Nomor 341 tahun 2013 tentang penerima bantuan untuk masuk perguruan tinggi negeri.

Besar bantuan beasiswa dibagi dua kategori yaitu untuk siswa yang lulus melalui bidik misi sebanyak enam orang mendapatkan bantuannya Rp1.000.000 untuk siswa lulus di PTN luar Sumbar dalam Pulau Sumatera sebanyak dua orang mendapatkan Rp750.000, diterima PTN dalam Provinsi Sumbar sebanyak 37 orang mendapatkan dana Rp500.000.

Untuk siswa yang tidak memperoleh bidik misi namun lulus PTN luar Pulau Sumatera sebanyak lima orang dan diberikan bantuan sebesar Rp2.000.000, siswa lulus PTN luar Sumbar dalam Pulau Sumatera sebanyak delapan orang dengan mendapatkan bantuan Rp1.500.000, siswa diterima PTN dalam Provinsi Sumbar sebanyak 102 orang dengan mendapatkan Rp1.000.000. (wan)