Loading

Warning: include(kirisingle.php) [function.include]: failed to open stream: No such file or directory in /home/padangm3/public_html/m/single.php on line 56

Warning: include(kirisingle.php) [function.include]: failed to open stream: No such file or directory in /home/padangm3/public_html/m/single.php on line 56

Warning: include() [function.include]: Failed opening 'kirisingle.php' for inclusion (include_path='.:/usr/lib/php:/usr/local/lib/php') in /home/padangm3/public_html/m/single.php on line 56

Kantor Arsip Dharmasraya Gelar Lomba Penulisan Cerita Rakyat

padangmedia.com , Minggu, 03 November 2013 07:12 wib

DHARMASRAYA- Kantor Arsip Perpustakaan dan Dokumentasi Kabupaten Dharmasraya bakal menggelar lomba penulisan cerita rakyat tingkat SLTP, SLTA dan umum se-Dharmasraya. Total hadiah yang diperebutkan bernilai jutaan rupiah ditambah piagam penghargaan.

Kepala Kantor Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi, Ali Umar, SH mengatakan, tujuan kegiatan itu untuk menumbuh kembangkan kegemaran membaca melalui berbagai bacaan dan media agar menanamkan cinta kebudayaan bangsa, persatuan dan kesatuan. Selain itu, sekaligus untuk menarik minat siswa tentang buku-buku cerita budaya daerah serta menumbuhkan kecintaan akan budaya nusantara dan meningkatkan kreativitas dan imajinasi siswa dalam menulis. “Tema lomba ini adalah ‘aku dan cerita negeriku’, akan diikuti siswa SLTP, SLTA dan umum se-Dharmasraya,” katanya kepada padangmedia.com kemarin.

Mantan Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Dharmasraya ini menambahkan, dasar kegiatan itu dilatarbelakangi Undang-undang Nomor 43 tahun 2007 tentang perpustakaan Bab XIII Pasal 48 (1) yang mengisyaratkan bahwa pembudayaan kegemaran membaca dilakukan melalui tiga jalur. “Yakni keluarga, satuan pendidikan dan masyarakat. Pembudayaan kegemaran membaca ini lebih mudah ditanamkan pada anak sedini mungkin, dan dilanjutkan secara terus menerus,” paparnya.

Dirinya mengatakan untuk mewujudkan anak yang mempunyai kegemaran membaca dapat ditumbuhkan di sekolah dengan mengoptimalkan seluruh potensi sumberdaya perpustakaan yang ada di sekolah. “Agar hasilnya optimal, upaya meningkatkan kegemaran membaca di kalangan generasi muda harus dipupuk dan digiatkan secara serentak dan terpadu. Keberhasilan gerakan membaca akan dapat dicapai secara rasional, dengan melibatkan peran serta semua komponen bangsa, baik tingkat pusat maupun daerah,” urainya lagi.

Sementara itu, Kasi Perpustakaan, Ngalimin S.Pd menjelaskan bahwa kriteria penulisan cerita rakyat itu di antaranya adalah panjang tulisan minimal tiga halaman kuarto, dengan spasi 1,5, jenis huruf front Arial berukuran 12 front size. “Tulisan harus asli tidak boleh menyadur atau mengutip dan mengambil bahan dari internet atau buku. Cerita adalah cerita rakyat daerah yang ada di Dharmasraya,” jelasnya.

Hasil tulisan, katanya, dikirim paling lambat tanggal 23 November 2013 ke Kantor Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi Kabupaten Dharmasraya di Sungai Dareh. “Diantar langsung atau boleh via pos. Penulis harus mencantumkan biodata lengkap,” ungkapnya. Pihaknya berharap kegiatan ini dapat memiliki nilai positif baik bagi siswa maupun bagi daerah.(ydi)

 

 

Berita Terkait